var id = "b00384489c8e27d6519706a0f01e534af5ed05ba"; class="post-template-default single single-post postid-72 single-format-standard no-slider content-r" layout='2'>

Dokter 24 Jam: 5 Pilihan Makanan Diet Sehat Rendah Kalori

Masa-masa diet tidak usah bingung memilih menu. Ada beragam makanan rendah kalori yang bisa Anda coba untuk menu diet sehat. Apa saja menu diet yang baik dan rendah kalori? Ini ulasannya.

1. Oatmeal

Oatmeal menjadi pilihan utama dalam daftar menu program diet. Makanan olahan gandum itu, mengandung beragam gizi. Oatmeal berserat tinggi dan berindeks glikemik rendah. Tak hanya itu, makanan ini dilengkapi dengan kandungan fosfor, protein, magnesium, dan vitamin B1 sehingga hanya dengan oatmeal Anda tidak perlu cemas kekurangan energi.

Istimewanya, oatmeal juga berperan membantu menjaga menstabilkan kadar kolesterol dan gula darah. Oatmeal menjadi pilihan yang tepat untuk sarapan menu diet Anda, bukan? 

2. Apel

Buah Apel juga bisa menjadi pilihan menu program diet Anda. Buah ini tidak mengandung lemak, natrium, dan kolestrol. Meskipun begitu, kandungan air dalam apel mencapai 86 persen.

Serat yang terkandung di dalamnya merupakan serat larut air yang akan membuat Anda tahan lapar lebih lama. Cemilan buah apel sangat dianjurkan karena alasan tersebut. Hal itu dapat mencegah Anda mengonsumsi makanan dalam jumlah yang berlebihan. Terlebih, apel juga memiliki nilai indeks glikemik rendah sehingga aman bagi penderita diabetes yang ingin mengendalikan berat badan.

3. Putih telur

Umumnya binaragawan mengonsumsi putih telur sebagai menu diet sehat. Putih telur memiliki kandungan protein yang tinggi, tetapi rendah lemak. Sehingga baik untuk dijadikan sebagai makanan untuk diet Anda.

Sebuah jurnal penelitian yang dilansir dari Klikdokter memuat bahwa kandungan protein dalam putih telur ayam sedikit lebih banyak daripada kuning telur. Perlu diketahui, putih telur besar mengandung 3,6 gram protein. Sementara kuning telur mengandung 2,7 gram. Meski hanya selisih sedikit, yang membedakan keduanya adalah kualitas.

Protein yang terdapat dalam putih telur merupakan protein kompleks yang berkualitas tinggi. Protein kompleks memiliki kandungan semua asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh. Pada laman Klikdokter disebutkan bahwa makanan diet sehat ini tidak punya nilai indeks glikemik, karena tak memiliki kandungan karbohidrat, sehingga penderita diabetes bisa dengan aman mengonsumsi putih telur.

4. Brokoli

Brokoli, ternyata juga dapat dijadikan sebagai salah satu makanan diet sehat. Karena brokoli rendah kalori, tetapi kaya akan vitamin, serat, serta mineral. Brokoli terkenal dengan kandungan yang kalori, segelasnya saja hanya memuat 30 kalori.  Brokoli memiliki kandungan serat sebanyak 5 gram yang dapat membantu Anda kenyang seharian. Menyenangkan sekali, bukan? Terlebih, brokoli juga dapat membantu mengendalikan kadar gula darah, jadi tidak perlu khawatir untuk penderita diabetes.

5. Ikan

Anda juga dapat mengonsumsi ikan sebagai makanan diet sehat karena kandungan lemak baik omega-3 dalam ikan dapat membantu Anda menurutkan berat badan, loh! Biasanya, lemak ini terdapat dalam ikan perairan laut dalam seperti, salmon, tuna, dan makarel.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Swedia mengungkapkan bahwa orang yang asupan makan malamnya adalah ikan cenderung keesokan harinya terbiasa makan lebih sedikit daripada orang yang makan malam daging.

Agar manfaat ikan ini lebih optimal, sebaiknya hindari mengonsumsi ikan dengan cara digoreng. Perlu Anda ketahui bahwa minyak trans alih-alih menurunkan berat badan, justru akan menyebabkan lebih banyak lemak di tubuh Anda.

Anda juga bisa mendapatkan beragam info sehat dan konsultasi gratis dengan dokter 24 jam di aplikasi Klikdokter. Unduh sekarang aplikasinya di Playstore.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>