Suhu Warna Televisi LED

Suhu Warna Televisi LED

Temperatur warna dikatakan sebagai salah satu kontrol yang paling diabaikan pada televisi LED, namun fitur yang memungkinkan Anda untuk memanggil representasi warna yang paling akurat. Secara tradisional, jika Anda mengatur suhu warna pada televisi LED Anda terlalu tinggi, warnanya akan berwarna kebiruan; sedangkan jika Anda meremehkan jumlah suhu warna untuk gambar yang ditampilkan maka gambar mengambil lebih banyak rona kemerahan.

Info : Akusaraprosund

Suhu Warna Lebih Dingin dan Lebih Hangat

Inilah sebabnya mengapa suhu warna tinggi pada perangkat LED disebut pendingin – suhu yang lebih tinggi memiliki tampilan yang kebiruan dan dingin. Temperatur warna yang lebih rendah pada televisi LED secara alternatif disebut lebih hangat karena kemerahan, gambar yang tampaknya lebih lembut yang disiarkan ke pemirsa. Beberapa orang hanya memilih suhu warna yang sedikit lebih hangat untuk televisi LCD atau LED mereka, sehingga mereka memilih teknologi lampu neon atau serupa yang mencerminkan preferensi mereka untuk satu gaya suhu warna di atas yang lain.

Peningkatan Kemampuan Kustomisasi

Sekitar satu dekade yang lalu pembuat televisi mulai memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan apakah gambar yang mereka tonton lebih keren atau hangat dalam hal suhu.

Meskipun ini agak gimmick pada saat itu – dan tetap menjadi gimmick yang masih dieksploitasi oleh banyak produsen TV LED dan LCD – banyak televisi baru diatur ke pengaturan suhu warna yang paling dingin atau paling sejuk untuk mempesona pelanggan di department store. Namun, ini belum tentu merupakan gambar terbaik yang dapat Anda peroleh dari set LED Anda.

Untuk alasan apa pun, mata manusia menganggap gambar biru entah bagaimana lebih mewah atau lebih cerah dan ini sebagian besar merupakan alasan LCD, dan kemudian LED, televisi mengangkat begitu banyak hype di tahun 2000-an pada tampilan showroom.

Aspek Teknis Suhu Warna

Jika Anda menjalankan tiga gambar secara berdekatan – satu set pada 4000 kelvin, yang lainnya 6000 kelvin dan yang terakhir pada 8000 kelvin – Anda akan dengan mudah melihat perbedaan dalam akurasi dan kontras gambar yang ditampilkan. Suhu terendah – 4000 kelvin – akan terlihat lebih kemerahan dan hangat, dan belum tentu sangat akurat. Suhu 6000 kelvin akan tampak normal dan suhu 8000 kelvin akan menghasilkan gambar yang muncul tetapi mungkin juga tidak terlalu akurat.

Ungkapan suhu warna berkorelasi adalah istilah teknis yang digunakan oleh para insinyur televisi yang peduli dengan mur dan baut penerangan. Skala suhu tipikal ditetapkan pada model kelvin dan berkisar dari sekitar 1.000 kelvin hingga 10.000 kelvin. Seperti yang dinyatakan sebelumnya, suhu yang lebih rendah akan membuat televisi Anda lebih hangat, warna kemerahan dan suhu yang lebih tinggi (mis., 9000 kelvin) akan mengeluarkan lebih banyak warna dingin, kebiru-biruan.

Baik ekstrem tinggi dan rendah dapat sama-sama tidak akurat dalam merepresentasikan permainan matahari terbenam atau bola basket pada layar LED Anda, tetapi banyak produsen televisi hanya menunjukkan kepada Anda kebiruan, kelas atas karena muncul dan terlihat menarik bagi pelanggan di department store.

Tinggalkan Balasan

Comment
Name*
Mail*
Website*